Jalan-jalan ngirit ke Singapura dan Malaysia

Rencana backpacking ke Singapura dan Kuala Lumpur Malaysia ini terbilang singkat dan dadakan. Bermula dari keinginan saya untuk menapakkan kaki di luar negeri dan udah kepalang bikin paspor hampir setahun dan belum pernah di cap imigrasi sama sekali (baca : Rugi donk :P). Yap, Singapura menjadi tujuan awal saya, selain harga tiket pesawatnya terjangkau, banyak objek wisata di Singapura yang masih bisa dinikmatin secara gratis (#muka-muka gratisan mah gini.. hihih)

Gue menyesal pada trip kali ini, kenapa waktu itu gue tidak lanjutkan ke Bangkok – Thailand saja setelah dari Kuala Lumpur, Padahal bisa ditempuh via jalur darat lho guys, yang biayanya jauh lebih murah daripada naik pesawat. Tapi ya sudah lah, wong rencana backpacking ke Singapura dan Kuala lumpur ini juga tercipta satu minggu sebelum keberangkatan (baca : dadakan pake banget).

Pembelian tiket pesawat adalah tepat satu minggu sebelum keberangkatan, begitu ide muncul, langsung booking tiket pesawat, haha (Baca: horang kayah #preeett). Yap, tiket pesawat ke Singapura saya dapat dengan harga Rp. 350.000, saya rasa itu worth banget sih, secara tiket pesawat ke Jogjakarta saja bisa lebih mahal dari itu khan ? karena saya saat itu belum begitu paham banyak tentang backpacker, dan trauma mendalam karena membaca kisah-kisah traveling di Singapura yang super ketat, mengharuskan kita sudah membooking tiket pulang, Akhirnya saya langsung beli tiket pulang dari Kuala Lumpur ke Jakarta. 3 Malam setelahnya. Huh.. harusnya saya jangan beli tiket pulang dulu yah, terkesan buru-buru kan, singapur – kuala lumpur Cuma 3 Hari 2 Malam. Saya mendapatkan tiket KL-CKG seharga Rp. 475.000 (dapet bagasi 20KG dan makan, lumayan kan :D).

Lets, begin the Journey. Perjalanan saya mulai dari stasiun kereta api Cirebon, menuju ke Gambir, dengan harga tiket Rp. 80.000. Kemudian lanjut dari Gambir Ke Bandara International Soekarno Hatta, terminal 2D dengan tariff Rp. 40.000,-. Saya sengaja ambil keberangkatan satu tanggal dengan jadwal flight pesawat, biar gak usah nginep-nginepan lagi di Jakartra guys (baca : ribet dan kelamaan).

Oke, sampailah kita di Changi Airport Singapura pada pukul 00.30 am waktu sono, waktu itu gue ambil penerbangan jam 21.00 malam dari Jakarta. Fyi, waktu di Singapura lebih cepat 1 jam dari Jakarta. Sengaja gue ambil penerbangan malam, karena gue memang menargetkan buat istirahat di Bandara Changi, yang katanya super nyaman dan lega. Dan ternyata, apa yang di gembor-gemborkan para traveler itu benar, fasilitasnya oke Banget pas banget buat bermalam buat para traveler yang mau ngirit budget buat hotel.

VLOG Gw nginep di Changi Airport



Vlog Di Kuala lumpur



Oke, sampai kita ke pagi harinya. Gue langsung menuju terminal 3 Changi, untuk ke stasiun MRT, dari situ gue langsung beli tiket untuk ke pusat kota dan memulai city tour saya di Singapura. Gue bilang sih, Singapura merupakan Negara yang cocok buat kita-kita sebagai traveler pemula, selain negaranya yang kecil, akses transportasi disana gampang banget, semuanya terintegrasi sama MRT. Jadi cukup dengan naik MRT untuk menuju setiap destinasi kita. Berikut spot-spot yang gue kunjungi di singapure : Pusat kota singapura, Merlion dsk : Sentosa Island : Chinatown : Little India : Bugis street.

Setelah puas sight-seeing di Singapura sampai sore, tibalah waktu saya untuk melanjutkan ke Kuala Lumpur – Malaysia. Perjalanan ini menggunakan Kereta Api, dari stasiun Johor Baru Sentral transit sekali di stasiun Gemas dan Langsung ke Kuala Lumpur. Untuk menuju stasiun Johor Baru, saya menggunakan bus  CW3 (Causeway) dari terminal Queen Street, gak jauh dari Bugis street, dengan tariff S$3.3 (Rp. 33.000)  selama kurang lebih 1 jam perjalanan, tapi antri buat beli tiket bus ini, bisa sampe 1.5Jam,, padahal waktu saya ke singapura, itu bukan waktu liburan, bisa dibayankan kalo high season ya. Naik bus ini, kita akan diturunkan di Woodland, buat di cek di imigrasi Singapura, sebelum kita masuk ke Malaysia.Setelah pengecekan imigrasi, barulah kita menuju Johon Baru sentral naik bus lagi, tenang, kamu gak perlu bayar lagi untuk naik bus ini, walaupun beda armada, kamu bisa menunjukkan bukti tiket bus CW3 yang kamu beli tadi.

Lama waktu tempuh dari Johor Baru ke KL kurang lebih 7 Jam. Untuk harga tiket JB ke Gemas adalah 21RM sedangkan tiket Gemas – KL Sentral adalah 31RM atau total kedua tiket tersebut 52RMx Rp. 3.000 = Rp. 156.000,- cukup worth it lah. Mengingat perjalanan dilakukan pada malam hari, otomatis ngurangin budget buat hotel, hehe aji mumpung banget yak :p.  

Di Kuala lumpur memang transportnya gak semudah di Singapura. Kereta aja ada beberapa jenis dan tidak saling terintegrasi satu sama lainnya. Yang penting kamu berpatokan pada satu stasiun, yaitu KL Sentral. Karena semua jenis kereta transit semua kesitu. Tarif sekali jalan bervariasi, mulai dari 1 – 5 RM, tergantung jarak sih. Kamu juga bisa pake alternative bus GOKL buat keliling kota secara gratis. Objek wisata yang gw kunjungi di KL : Twintower , Batu Caves , Pasar-pasaran lah pokonya , Mesjid-mesjidan dan Dataran Merdeka.

Untuk perjalanan pulang ke Bandara KLIA, itu kamu harus menyiapkan waktu lebih ya guys, naik Bus dari KL Sentral tarinya sekitar 10RM , estimasi perjalanan 1 jam. Cuma saya waktu itu agak khawatir, karena di Kuala lumpur di sore hari cukup sibuk, macet juga. Jadi saya takut ketinggalan pesawat. AKhirnya saya menggunakan jasa kereta KLIA Express, tiketnya 55RM, lumayan mahal sih. Cuma kita gak takut ketinggalan pesawat,, perjalanan menuju bandara ditempuh sekitar 28menit saja. So pilih caramu untuk ke KLIA, kalo low budget mending naik bus, Cuma siapin waktu lebih banyak aja.

Jadi Kalo Gw jabarin budget untuk menclok ke singapura dan kuala lumpur ini adalah sbb:
Tiket Kereta Cirebon – Gambir Rp. 80.000
Tiket Damri Gambir – Bandara Rp. 40.000
Tiket Pesawat JKT – Singapur RP. 350.000
Tiket MRT 5 Kali jalan Rp. 70.000
Uang Makan 3 Kali Rp. 150.000
Tiket Bus SIngapur – Johor Baru Rp. 33.000
Tiket Kereta Johor Baru – Kuala Lumpur Rp. 156.000
Tiket LRT/MRT selama di kuala lumpur Rp. 50.000
Uang Makan 6 Kali Rp. 150.000
Tiket KLIA Express Rp.  165.000
TIket Pesawat KL – Jakarta Rp. 475.000
Tiket Damri Bandara Gambir Rp 40.000
TIket Kereta Gambir – Cirebon Rp. 80.000
Total Budget : Rp. 1.839.000,-  Hehe.. itu lumayan ngirit kan, daripada menggunakan travel agent, bisa 2,5 juta lebih, itupun satu Negara,… Terus dengan budget segitu, kita udah bisa ngecap paspor kita di dua Negara..,, Horey!!! I really addicted with traveling.. Selamat Mencoba guys.. feel free to ask, on the comment box below!

Beberapa dokumentasi landmark Singapura & Kuala Lumpur

Singapura, Malaysia , Kuala Lumpur
Merlion Statue

Singapura, Malaysia , Kuala Lumpur
Universal Studio Singapore

Singapura, Malaysia , Kuala Lumpur
Batu Caves

Singapura, Malaysia , Kuala Lumpur
Twin Tower / Petronas

Singapura, Malaysia , Kuala Lumpur
Sultan Abdul Somad Building



20 komentar:

  1. Hallo. Saya berencana jalan ke singapura-malaysia menggunakan bus lanjut kereta pada malam hari dr singapura dan sampai di Malaysia pada pagi harinya. Tapi saya cek dari Gemas ke KL tidak ada jadwal malam/dini hari. Mas waktu itu gimana timing transportasinya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sist, tadi saya cek jadwalnya sudah tidak ada yang sampe KL sentral pagi... mungkin alternativ nya berubah.. coba saja cek http://www.ktmb.com.my/ktmb/index.php?r=portal/index

      Hapus
  2. Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH Darko dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH Darko dan mengikuti 4D nya yaitu 5713 dan alhamdulillah berhasil 085 394 591 995 .!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG MBAH Darko nomor ritual MBAH Darko meman benar2 100tembus.

    BalasHapus
  3. Salam mas...mau Tanya..dari jb ke gemas, gemas ke kl...apa ganti kereta, atau dengan kereta yang sama

    BalasHapus
  4. saya sangat berterima kasih banyak MBAH AJI MARUF atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH AJI MARUF tu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak AJI MARUF pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH silahkan hubungi MBAH di 0823 5127 2199 di pesugihanuanggaibmujarab insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok MBAH AJI MARUF di pesugihanuanggaibmujarab

    BalasHapus
  5. Saya mau tanya, untuk beli tiket kereta dri JB ke KL bisa on the spot atau pesan online/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya supir parttime di kl .. berminat boleh call/wassup no tel 0103202005 .. RM150/hari ( ini termasuk petrol sahaja ) .. jenis kenderaan PROTON WIRA 1.5 .. AREA KL SAHAJA

      Hapus
  6. Saya supir parttime di kl .. berminat boleh call/wassup no tel 0103202005 .. RM150/hari ( ini termasuk petrol sahaja ) .. jenis kenderaan PROTON WIRA 1.5 .. AREA KL SAHAJA

    BalasHapus
  7. Kalo ada yang mau backpackeran ke malaysia n singapura ajak ajak dong, pengen ngerasain backpackeran ke 2 negara itu dalam satu perjalanan... Yg sdh berpengalaman ke 2 negara tsb dan berminat lagi ke sana klo btuh teman bs hub ke no ini 087889325901, terima kasih.

    BalasHapus
  8. Hai ka, boleh saya minta wa untuk tanya" lebih jelas seputar backpacker sing-malaysia :) thankyou

    BalasHapus
  9. Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus
  10. INGIN CEPAT MENDAPATKAN UANG BANYAK?
    MARI GABUNG BERSAMA KAMI

    PROSES TERCEPAT. TERMUDAH dan TERPERCAYA.
    jadilah JUTAWAN di Bandar QQ
    Ayo Join Sekarang.
    Dan Daftarkan diri anda sekarang Bersama Situs Poker Online Uang Asli

    BalasHapus
  11. SELAMAT DATANG DI WWW.TATO4D.NET
    *** 1 USER ID BISA MAINKAN 10 PASARAN TOGEL DAN RIBUAN SLOT GAMES ***
    MIAMI | HK SIANG | SYDNEY | SINGAPORE | SINGAPORE 45 | MALAYSIA | ALMADA | QATAR | HONGKONG | ESPANA
    www.prediksitato.com
    - MIAMI
    - HK SIANG
    - SYDNEY
    - SINGAPORE
    - SINGAPORE 45
    - MALAYSIA
    - ALMADA
    - QATAR
    - HONGKONG
    - ESPANA

    Dengan Bonus Terbaru di Tato4D:
    - BONUS MEMBER BARU 5%
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 2% (DEPOSIT PERTAMA)
    - BONUS CASHBACK BULANAN TOGEL TERBESAR : 3%
    - PROMO CASHBACK MINGGUAN GAMES 3% s/d 7%
    DAFTAR (KLIK DISINI)

    MIN DEPO 20.000 & WD Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT TATO4D.NET 24 JAM ONLINE
    Whatsapp : +62 813-8169-1705
    LINE : ZETAA77

    TATO4D.NET
    Situs Togel Online
    main togel online
    agen togel online aman dan terpercaya
    bandar togel online
    permainan togel
    web togel
    situs togel
    judi togel online
    agen togel terbaik

    Terima Kasih Admin,
    Salam Kenal

    BalasHapus
  12. ADAKAH ANDA MASIH TERTANYA-TANYA DI MANA UNTUK MENDAPATKAN PINJAMAN TULEN???
    Di mana dan bagaimana untuk mencari syarikat yang tulen untuk mendapatkan pinjaman kekal satu cabaran besar kerana terdapat begitu banyak pemberi pinjaman palsu dalam talian. Saya juga mempunyai ketakutan dan saya ditipu oleh pemberi pinjaman palsu pada masa lalu sehingga rakan saya memperkenalkan saya kepada Syarikat yang tulen yang dipanggil pinjaman Imperial. Tetapi di sini adalah penyelesaian. Pada mulanya saya fikir ia adalah semua jenaka sehingga saya menerima mesej daripada Bank saya selepas 3 hari menghantar permohonan saya bahawa wang itu benar-benar dipindahkan ke akaun bank saya. Saya terkejut untuk mendapatkan pinjaman tanpa tekanan. Tiada kos tersembunyi, tiada cagaran yang diperlukan, tiada kertas kerja yang terlalu banyak. Jika anda ingin mendapatkan pinjaman tulen, hubungi e-mel mereka dengan segera (imperialincorporated1@gmail.com) saya berkongsi maklumat ini di sini kerana saya tidak boleh menyimpannya kepada diri saya sendiri. Saya berjanji anda, anda akan kembali ke sini untuk memberitahu kesaksian anda sendiri dan berterima kasih kepada saya kemudian. Jadi, jika anda memerlukan pinjaman segera, hubungi mereka sekarang dan anda akan gembira anda lakukan. Anda boleh menghubungi saya e-mel jika anda memerlukan maklumat lanjut daripada saya bagaimana untuk mendapatkan pinjaman daripada mereka melalui dendisetiewan@gmail.com

    BalasHapus
  13. HARI BAIK SEMUA ORANG !!!

    Saya Puan Susan Logan, Kami menawarkan semua jenis bantuan kewangan kepada semua individu "pinjaman peribadi, pinjaman pelaburan, pinjaman rumah dan syarikat pinjaman di seluruh dunia, kadar faedah kami adalah 2% setahun. pelanggan dan pemohon kami Jika anda mempunyai projek yang baik atau ingin memulakan perniagaan dan memerlukan pinjaman untuk membiayainya dengan segera, kami boleh membincangkannya, menandatangani kontrak, dan kemudian membiayai projek atau perniagaan anda untuk anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank perindustrian, sila hubungi kami dengan menghantar e-mel kepada kami di: (susanlogan1975@gmail.com)

    PERKHIDMATAN PERIHAL YANG TERMASUK TERMASUK:

    * Pinjaman komersial.
    * Pinjaman peribadi.
    * Pinjaman Perniagaan.
    * Pinjaman Pelaburan.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pemerolehan Pinjaman.
    * Pinjaman pembinaan.
    * Pinjaman Kad Kredit
    * Pinjaman Penyatuan Hutang
    * Pinjaman perniagaan dan lain-lain:

    Puan SUSAN LOGAN
    WhatsApp atau Teks: (+ 14169078157)
    E-mel: (susanlogan1975@gmail.com)

    CATATAN; Kami menyediakan pinjaman tanpa faedah sebanyak 2%, jadi kami boleh mengatakan bahawa kami menyediakan PINJAMAN TANPA Jaminan, Anda tidak perlu merasa teruk atau kecewa dengan bank yang meminta cagaran

    Terima kasih dan salam mesra

    BalasHapus
  14. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus

Jangan ragu untuk menuliskan komentar anada disini! I will reply asab