Cara Murah dari Lombok Ke Labuan Bajo ala Backpacker

Untuk sampai ke Labuhan Bajo, saya harus melewati pulau Sumbawa. Butuh waktu 8 jam dari pelabuhan Pototano menuju kota Bima menggunakan bus. Harga tiket busnya adalah 80.000. Saya saat itu berangkat dari Pelabuhan Pototano jam 2 Siang, dan sampai terminal Bima jam 10 malam. Namun untuk melanjutkan perjalanan dari Bima ke Pelabuhan Sape tidak bisa langsung saat itu juga. Karena minibus yang ke Sape mulai beroperasi pagi hari. Jadi saya menginap di terminal bus Bima dan tidur di dalam minibus itu sampai Pagi. Tarif minibus dari Bima ke Sape adalah 30ribu rupiah dan ditempuh dalam waktu kurang lebih dari 2 - 3 jam.

Pulau Padar, Taman National Komodo , Labuan Bajo
Pulau Padar, Taman National Komodo , Labuan Bajo

Akhirnya saya sampai pelabuhan Sape. Saya membeli tiket di Loket Resmi Pelabuhan Sape, harga tiket Ferry dari Sape ke Labuan Bajo adalah 55ribu rupiah. Ditempuh dalam waktu 4-6 jam, tergantung cuaca. Ferry yang digunakan tidak terlalu besar, dan jadwal berangkat dari pelabuhan Sape ke Bima hanya sekali sehari. Yaitu pukul 10-12 siang.  Perjalanan dari sape hingga pertengahan mulanya normal dan biasa saja. Namun ketika tiga perempat perjalanan, cuaca buruk melanda, angin dan hujan begitu kencang, sehingga gelombang air laut sangat terasa mengoyak-ngoyak isi perutku. Namun akhirnya sampai juga di Pelabuhan Labuan Bajo. Kondisinya masih hujan lebat dan saya bingung, untuk mencari penginapan disini. Namun saya berjalan sedikit untuk mencari makan, dan saya membaca ada plang penginapan didalamnya. Ya bangunan traditional dari kayu dengan dua lantai ini menerima penginapan, dibawah warung makan dan diatas penginapan. Saya coba bertanya, berapa harga penginapan ini, sang pemilik memberikan jawabannya, 40rb rupiah, saya kaget dan mencoba untuk melihat kamarnya. Ternyata kamarnya privat dan tidak ada kamar mandi di dalamnya.. Saya hanya menginap semalam disini, karena saya merasa tidak nyaman dikarenakan air dinkamar mandinya tidak ada sumber airnya, alias air tampungan entah dari mana, jadi hanya ada 3 ember air disana. Biasanya penginapan penginapan seperti ini untuk para sopir truk atau warga yang menunggu ferry jalan dari Labuan Bajo.
Disepanjang jalan sekitar pelabuhan Labuan Bajo banyak terdapat travel agency yang siap melayani open/privat trip untuk sailing pulau-pulau sekitar atau hanya sekedar memandu anda untuk diving.

Beikut anggaran budget dari Lombok ke Labuan Bajo :
1. Ongkos minibus dari Mataram ke Pelabuhan Khayangan Rp. 30.000
2. Tiket ferry dari Pelabuhan Khayangan ke Pelabuhan Pototano Rp. 17.000
3. Pelabuhan Pototano hingga kota Bima Sumbawa Rp. 80.000
4. Minibus Kota Bima ke Pelabuhan Sape Rp. 30.000
5. Atau bisa juga Bus langsung dari Mataram ke Kota Bima dengan tarif 100.000 - 150.000 Ribu rupiah, sehingga kamu gak perlu ribet keluarin ongkos ferry dll :D

2 komentar:

  1. Tulisan anda sangat bagus dan INFORMATIF. Terima kasih sekali. sangat membantu untuk saya yang sedang merencanakan perjalan yang sama. Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  2. Halo..
    bisakah anda merekomendasikan ke saya transportasi yang dapat saya gunakan dari labuan bajo menuju ke pelabuhan kayangan lombok atau punya kenalan supir travel bus berikut kontak yang dapat saya hubungi.
    Trimakasih.

    BalasHapus

Jangan ragu untuk menuliskan komentar anada disini! I will reply asab