15 Ide Usaha yang Dapat Dijalankan Di Rumah dan Modal Kecil

Peluang usaha dengan modal kecil cocok sekali bagi anda yang ingin mencari uang tambahan dari rumah. selain menjanjikan untung besar hingga jutaan rupiah, bisnis juga memliki prospek cerah jika dilakukan dengan serius. Artikel ini penulis buat dengan tujuan memberikan ide bisnis untuk anda. Harapan penulis juga dengan membaca artikel ini muncul ide bisnis baru yang lebih mantap dengan inspirasi dari diri anda.
Banyak calon pebisnis yang gagal membuka usaha hanya karena adanya pemikiran untuk memulai bisnis perlu modal yang besar. Padahal untuk memulai usaha tidak melulu mengeluarkan modal besar, banyak contoh usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil dan dirumahan saja. Siapaun anda, seorang PNS, karyawan swasta, Pekerja kantoran, Pelajar, ibu rumah tangga sampai pengangguran pun bisa membuka usaha sendiri di rumah.

Apakah pemilihan bisnis di rumah tepat ?

Jangan salah, banyak orang-orang berimpian memiliki usah sendiri dirumah. Usaha yang lancar dan berpenghasilan rutin, ya setidaknya bisa mencukupi kebutuhan anggota keluarga sehari-hari, Apalagi bisnis atau usaha tersebut sesuai dengan hobi, pengerjaannya pun pasti menyenangkan dan tidak bosan. Misal anda yang senang memasak, usaha makanan adalah alternatif yang tepat untuk mengembangkan peluang.
Selain itu usaha di rumah, bisa dijalankan usaha dengan modal kecil bahkan tanpa modal, anda juga tidak perlu repot untuk pindah-pindah tempat atau menyewa tempat untuk usaha anda. Resiko nya juga sangat kecil dan bisa sambil jalan dengan penghasilan pokok anda sebagai pekerja. Selain itu, anda bisa berkumpul dengan anggota keluarga lainnya.

usaha di rumah modal kecil

Berbagai macam peluang usaha yang bisa dikerjakan di rumah!
Sebenarnya banyak sekali peluang usaha di rumah dengan modal kecil, namun penulis akan rangkum dalam empat kategori bisnis rumahan yang bisa anda jalankan. Pertama usaha di bidang kuliner (makanan dan minuman) , kedua usaha di bidang Jasa , Ketiga Usaha di bidang fashion dan keempat usaha bisnis online. Akan penulis jabarkan satu per satu ya

Bisnis Kuliner

Usaha di bidang makanan dan minuman gak akan pernah ada habisnya, karena setiap hari kebutuhan manusia ya makan dan minum. Untuk sainganny usaha dibidang ini dibilang cukup banyak. Oleh karena itu kita harus cari celah dan berinovasi untuk peluang sukses menjalankan usaha ini. berikut beberapa contoh bisani kuliner:


1. Produksi snack rumahan

Membuat snack seperti roti, kue basah, keripik dsb memang menjanjikan. Terutama jika hasil produksi anda enak dan unik. Jika anda punya pengetahuan lebih mengenai produksi snack, lebih bagus. karena anda bisa melakukan eksperimen terlebih dahulu untuk meningkatkan kualitas snack yang anda produksi.
Jika kualitas snack yang anda produksi bagus, secara otomatis omzet yang akan anda dapat akan berkali-kali lipat dengan sendirinya, Karena kualitas akan mudah menyebar dari mulut ke mulut.
Bisnis ini bisa dilakukan di rumah dengan modal awal yang kecil. Anda juga bisa mengikut sertakan anggota keluarga lain untuk membantu bisnis anda ini.

2. Membuka warung makan dirumah

Jika di tempat tinggal anda belum ada yang buka warung makan, ini saat yang tepat untuk anda. Dengan modal awal tiga sampai empat jenis lauk terlebih dahulu. Bisa jadi membuka kesempatan anda untuk usaha ini ke skala yang lebih besar.
Dengan semakin dikenalnya masakan anda, anda juga bisa berpeluang mendapatkan project-project untuk pemesanan katering secara masal. Sehingga bisnis ini dirasa cukup relevan bagi anda yang hobi masak.
Jika anda kebetulan memiliki waktu terbatas, anda juga bisa atur waktu buka warung nasi anda, misal saat pagi hari untuk target penjualan sarapan pagi atau siang hari dan malam hari.

3. Menjual minuman dingin

Minuman dingin sangat digemari sebagian orang jika sedang kelelahan, misal setelah selesai beraktifitas. Untuk pasokan stok barang, anda bisa belanja di grosir-grosir atau distributor terdekat dan punya reputasi bagus, misal stok banyak dan harga murah, yang secara otomatis menambah untung usaha anda. Jika rumah anda di pinggir jalan, peluang ini akan semakin bagus, karena target anda bisa semakin banyak.


Usaha di Bidang Jasa

Jika membuka usaha ini, harus dipastikan anda menguasai skill tertentu. Agar pekerjaan yang dihasilkan bisa memuaskan pelanggan, berikut beberapa pilihan yang dapat anda pilih untuk memulai usaha di bidang jasa

4. Usaha Laundry

Jika rumah anda berada pada posisi ramai dan strategis, tidak ada salahnya mencoba usaha ini. Biasanya lokasi rumah yang dekat dengan perkantoran, kampus dan lingkungan perumahan menjadi sasaran empuk untuk mencoba bisnis ini.
Usaha ini cepat berkembang bila anda memberikan pelayanan dan hasil terbaik, anda juga bisa memanfaatkan anggota keluarga lain, atau membayar seorang karyawan untuk membantu bisnis anda ini.

5. Membuka barber shop (cukur rambut)

Anda yang memiliki keterampilan untuk memangkas rambut, usaha ini sangat berpotensi menghasilkan uang banyak dan lancar. Modalnya juga tidak besar, hanya keterampilan dan seberapa jago anda meningkatkan kepuasan konsumen, itulah penentu usaha ini.

6.Warnet dan Game online

Rental warnet dan game online masih menjadi favorit sampai saat ini, Karena biasanya para pelajar sangat suka mengerjakan tugas-tugas sekolahnya dari internet, atau untuk sekedar refreshing banyak juga yang menggemari game online. Usaha ini sangat cocok dijalankan di rumah yang dekat dengan sekolahan atau kampus. Dengan bermodalkan beberapa unit pc client dan koneksi internet dari provider anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

7. Usaha tambal Ban

Sangat cocok untuk anda yang memiliki rumah di pinggir jalan. Karena lalu-lalang kendaraan lebih besar. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar. Merupakan nilai plus jika anda meguasai ilmu otomotif, selain tambal ban, anda juga bisa menggarap beberap project lain yang mungkin menghampiri, seperti ganti oli, service motor dll.

8. Rental Playstation (PS)

Meskipun terlihat kuno, namun Playstation masih merupakan salah satu permainan favorit anak-anak. Jika memang rumah anda terletak di daerah potensial (banyak anak-anak) usaha ini bisa menjadi alternatif yang patut anda coba.


9. Buka Les Private

Jika anda menguasai terhadap suatu bidang pelajaran tertentu, membuka les private adalah salah satu cara untuk usaha. Misal jika anda menguasai bahasa Korea, maka bukalah kursus bahasa korea. Jika anda terampil dalam menjahit, cobalah buka les kursus menjahit. Ingat banyak orang diluar sana yang membutuhkan keahlian tertentu. Buatlah rumah termpat les private anda nyaman dan dipercaya. Murid anda akan datang dengan sendirinya.

10. Buka Counter HP dan Pulsa

Pengguna alat komunikasi ini semakin bertambah setiap harinya.ini merupakan peluang baik untuk anda berjualan HP atau pulsanya. Usaha ini bisa dilakukan dimanapun tidak mesti rumah anda berada di pinggir jalan, diperumahan biasapun anda tetap bisa membuka bisnis ini, pulsa merupakan kebutuhan yang cukup besar selain makanan.


Usaha di bidang Fashion

Bisnis usaha ini sedang menjamur dimana-mana. Karena trend yang bergerak begitu cepat, kita dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Karena fashion banyak jenisnya. kita bisa pilih tema bisnis kita seperti berikut :

11. Jual Pakaian

Mode pakaian terus berubah dan berkembang secara cepat, untuk memulai bisnis ini, anda bisa memilih salah satu tema saja , misal jual Hijab , Baju muslim, Baju anak atau dewasa, agar modal yang dibutuhkan juga tidak besar. Oleh karena itu diperlukan kreatifitas dan inovasi dalam berbisnis jual pakaian ini. Anda juga bisa membuka pesanan dulu dari customer sebelum membelinya langsung dari pabrik/grosir. Agar perputaran modal anda menjadi stabil.

12. Jual Alat Kecantikan

Usaha alat-alat kecantikan bisa dipilih untuk para kaum wanita. Untuk menjalankan ini tidak diperlukan modal yang besar. Bisnis ini juga bisa membuka peluang lain di bidang jasa, seperti membuka salon kecantikan.


Bisnis onlie di rumah

Bisnis yang tengah populer di Indonesia ini mudah dikerjakan di rumah, tidak perlu modal besar juga untu menjalankannya. Berikut beberapa bisnis online yang menjanjikan :

13. Bisnis Publiser Google Adsense

Untuk memulai bisnis ini anda harus memiliki website atau blog dengan pengunjung yang ramai setiap harinya. Jika sudah ramai anda bisa memanfaatkan iklan dari google sebagai income anda, semakin banyak pengunjung situs anda, semakin besar pendapatan anda bisa jutaan bahkan ratusan juta rupiah. Untuk mempelajari bisnis ini, anda bisa browsing dan cari tahu di sini.

14. Bisnis affiliate

affiliate adalah bisnis memasarkan produk namun tidak memiliki produk tersebut, kita merupakan perantara untuk menjual suatu produk, anda bisa masang produk yang anda jual di blog/situs milik pribadi anda dan membuat artikel ulasan produk yang anda jual. JIka ada pelanggan yang berhasil membeli produk melalui anda, maka anda akan mendapat persentasi dari penjualan tersebu. Untuk mempelajari affiliate, bisa lihat di blog ini

15. Jasa Pembuatan Website dan SEO

Jenis usaha ini sudah mulai menjamur di indonesia. Anda harus memiliki keahlian dan pengetahuan yang expert untuk urusan ini. Karena menyangkut kepuasan klien yang anda tangani. JIka anda berkompetensi disni. kenapa tidak anda coba usaha ini ?


Itulah 15 Usaha yang bisa dilakukan di rumah dan modal kecil. semoga anda terinspirasi membaca artikel ini, dan melakukan langkah pasti untuk kehidupan anda kedepannya. Jangan takut untuk gagal, tidak ada sukses yang tanpa kegagalan.



1 komentar:

  1. Asslamulaiku wr wb saya AHMAD FAHRI ingin berbagi pengalaman
    sekitar 3 bulan yg lalu usaha saya bankrut sampai saya harus mujual rumah yang di wariskan orang tua,dan dimana kalah itu saya dan keluarga saya harus menupang di rumah saudar.Tapi ketika
    Saya mecoba untuk bangkit kembali dan saya di berituakan oleh sahabat saya dan meyampaikan
    Kepada saya jika kamu mau seprti dulu lagi cobalah kamu konsultasi dengan KY SABRONG yang menawarkan pesugihan putih atau islam tampa harus ada yang namanya tubul,alamadulillah setelah saya kunsultan dan ikut dalam pesugihan putih tampa tumbal KY SABRONG ekonomi dan keuangan keluarga saya tercukupi kembali dan malah lebih,jadi Bagi yang percaya atau berniat silahkan kunsultan atau ikut dalam pesugihan putih tampa tumbal KY SABRONG.
    inilah nomer TLPN KY SABRONG:0853-1571-1449 atau kunjungi wabsite
    https://pesugihanputihtampatumbal.blogspot.co.id/
    KLIK DISINI

    BalasHapus

Jangan ragu untuk menuliskan komentar anada disini! I will reply asab