Perawatan Luka Pasca Operasi

Setelah operasi pencabutan pen yang saya alami. Terlintas dibenak saya untuk berbagi pengalama tentang perawatan luka pasca operasi. Luka yang disebabkan akibat operasi bermacam macam tingkatannya. Parah atau tidaknya juga tergantung pada sensitivitas kulit dan daya tahan tubuh kita terhadap efek operasi itu sendiri. Maka dari itu, sebelum dilakukannya operasi terhadap tubuh pasien, terlebih dahulu pasien di cek beberapa kondisi, seperti tekanan darah, kandungan darah dan tipe alergi terhadap pasien itu sendiri.
Pengalaman saya menjalani operasi ke dua, itu lebih membaik, karena saya belajar dari pengalaman pertama saya melakukan operasi. Kesalahan yang saya lakukan pada saat pertama kali operasi adalah membiarkan perban penutup luka operasi selama berhari-hari, sebaiknya gantilah perban penutup luka operasimu setiap hari. Selain untuk membersihkan luka, dengan mengganti kain kasa pembalut luka anda setiap hari juga bisa mengurangi bakteri yang bersarang di sekitar luka secara berkala.
Minumlah obat secara teratur dan hentikan bila keadaan anda sudah membaik, biasanya obat yang diberikan untuk pasien pasca operasi adalah jenis antibiotik, anti nyeri dan berbagai macam vitamin yang support untuk penyembuhan operasi. Minumlah obat-obat tersebut selagi dibutuhkan dalam arti, luka masih terasa sakit, jika kondisinya mulai membaik dan sakitnya sudah ringan, sebaiknya hentikan minum obat-obatan tersebut, karena jika diteruskan dikhawatirkan mengurangi sensitifitas tubuh anda dan pertahanannya. Karena daya tahan tubuh yang alami, itu yang bisa menciptakan adalah tubuh kita sendiri, jika dipush terus menggunakan obat-obatan, saya rasa kinerja tubuh yang seharusnya akan berkurang.
Konsumsi makanan yang tepat. Di masa perawatan pasca operasi ini tubuh membutuhkan banyak nutrisi yang harus dikonsumsi, terutama untuk pertumbuhan sel-sel baru. Misal, usai operasi patah tulang, maka perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung kalsium, untuk pertumbuhan tulang baru dan mempercepat masa penyembuhan, Nutrisi yang datang secara alami lebih baik, karena nutrisi tersebut terbentuk bukan melalu cara instan dari hasil obat, namu dari hasil kinerja organ dalam tubuh kita, sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, otomatis juga memperbaiki kinerja pada organ tubuh kita, untuk menghasilkan antibody yang lebih baik.
Banyak-banyaklah bersugesti positif, jika anda mengalami kendala dalam penyembuhan luka bekas operasi yang anda alami, maka perbanyaklah bersugesti postif, dengan memperbanyak sugesti positif, luka akan serasa semakin ringan, apalagi dengan disertai lapang dada. Dengan meningkatnya aura postitif dalam tubuh andam semakin meningkat pula kinerja organ-organ anda untuk mencapai kestabilan kinerja tubuh, sehingga menghilangkan efek drop dan parno dalam tubuh kita. 
Kontrol dan kordinasikan selalu kondisi luka pasca operasi anda, dengan di kontrol secara berkala, tim medispun bisa estimasi waktu yang tepat untuk pelepasan benang pada jahitan di luka operasi. Jangan sampai benang sisa operasi tidak di cabut secepat mungkin, karena takut berakibat kesulitan dalam pelepasan benang jahitan di luka operasi
Demikian yang saya jalani selama masa perawatan luka operasi yang saya alami. Semoga bermanfaat untuk anda semua yang sudah/berniat melakukan operasi. Semoga cepat sembuh :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan ragu untuk menuliskan komentar anada disini! I will reply asab