Liburan Ke Lombok ala Backpacker, hanya 400k bisa dapat tiket perjalanan PP tanpa harus menunggu promo pesawat yang tidak tentu

Liburan ke Pulau impian seperti Lombok bisa diwujudkan menjadi nyata. Dengan 400ribu rupiah saja. Kita sudah bisa pulang pergi dari jawa ke Lombok. Gak Percaya? Saya buktinya. Perjalanan ke Pulau Lombok ini saya tempuh dengan Jalur Darat. So gak perlu nungguin tiket promo pesawat yang jadwalnya gak tentu.
tiket ferry asdp kmp legundi
tiket ferry asdp kmp legundi

Karena rumah saya di Cirebon, sangat kagok untuk transportasi, bandara belum ada, posisi ditengah tengah seperti ini kadang yang membuat budget tranpostasi menjadi membengkak. Oleh karena keinginan yang kuat untuk berpetualang, saya mencari-cari cara dan celah bagaimana agar bisa mewujudkan mimpi itu, dengan dana yang seadanya. Hehe, namanya juga usaha.
Akhirnya saya putuskan untuk pergi ke Lombok melalui jalur darat. Saya menggunakan kereta api dari stasiun Cirebon Prujakan ke Stasiun Kereta Surabaya Gubeng. Tarifnya 104ribu aja lho. Mungkin sama juga dengan yang dari Jakarta, Yogyakarta, dan kota-kota lainnya yang dilalui kereta api Ekonomi Gaya Baru Malam ini. Lama perjalanan dari Cirebon - Surabaya adalah 12jam an. Lumayan bikin pegel dan encok sih, oleh karena itu, saya sarankan agar kalian beli tiket kereta sedini mungkin dan pilihlah kursi yang 2 orang, jangan yang 3 orang ya. Capek kaga bisa tiduran, kalo ada penumpang lain turun, beda kalo yang 2 orang, ketika yang satu turun, kita bisa langsung kuasain aja tuh kursi, lumaya bisa buat sleeping beauty, hehe,, itu berdasakan pengalamanku ya, aku pilih kursi yang 2 orang, nah penumpang sampingnya turun si Jogja. Otomatis dari Jogja ke Surabaya saya bisa bobo manis lega.. hihi, jangan dicontoh ya orang kaya gini .
Pastikan juga membeli tiket kereta dengan jadwal perjalanan H-1 dari Ferry berangkat. Untuk ferry dari Surabaya ke Lombok, jalan setiap hari Selasa dan sabtu. Sedangkan kalo dari Lombok ke Surabaya hari Senin dan Kamis.
Dari Stasiun Surabaya Gubeng, saya masih punya waktu sekitar 10 jam untuk Tamasya di Surabaya. Lumayan bisa keliling-keliling kota Surabaya dulu, sebelum melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Tanjung Perak. Jarak Stasiun Gubeng - Pusat Kota Surabaya (kebun binatang Surabaya) dan Pelabuhan Tanjung Perak tidak begitu jauh, Saya menggunakan Gojek dinperjalanan ini, dan utuk bisa berkeliling kota dan sampai tujuan Tanjung perak, saya hanya menghabiskan 25k saja saldo GoPay saya.
Kalau bisa, datanglah ke Tanjung Perak sebelum jam 1 Siang, karena jam 2an, kapal sudah mulai selesai bongkar muat, jadi biar aman dan tidak terburu-buru, datanglah sebelum jam 1 siang. Belilah tiket ferey di Loket Resmi ASDP tidak jauh dari dermaga Jamrud dan Terminal Penumpang. Harga tiket Ferry 72k + Pass terminal 15k total 87K. Kamu sudah bisa menikmati kursi penumpang Ekonomi yang Empuk, kalau ruangan kosong, kamu juga bisa menikmati ruang Executive yang lebih nyaman. Jangan khawatir kepanasan dan mabuk perjalanan, karena Ferry dengan nama KMP Legundi ini ber AC dan sangat besar, sehingga goncangan-goncangan itu gak terasa walaupun kita di Kapal selama 21 jam nonstop. Jangan takut kelaparan dalam perjalanan, karena harga tiket sudah termasuk makan 2 kali, makan malam dan sarapan pagi, tapi ingat, print out tiketnya jangan dibuang ya, untuk menukarkannya dengan jatah makan. 
KMP Legundi Surabaya Lombok ini juga menyediakan kasur matras yang tebal dan empuk buat tidur, ada kamar mandi, toilet bersih, cafe di lantai 3 kapal buat kongkow-kongkow, mushola, di ruangan penumpang dilengkapi LCD dan selalu diputar film-film dsb, buat kamu yang mau charge handpone ada colokan listrik di ruang penumpang ekonomi, dan masih banyak fasilitas lainnya yang bisa dinikmati. Menurut saya, KMP Legundi ini nyaman banget, selain murah, kita bisa mendapatkan nilai Plus Perjalanan kita, karena bisa menikmati panorama laut dan pulau bali yang kita lewati, kita juga berkesampatan melihat sunrise di pagi hari serta melihat segerombolan lumba-lumba yang berloncatan. Such a great experience! So guys, lets start your Journey😉

Rincian Biaya Tiket PP Cirebon - Lombok:
Tiket kereta Cirebon - Surabaya Rp. 104.000
Ojek Surabaya - Tanjung Perak Rp. 18.000
Tiket Ferry KMP legundi SBY-LBK Rp. 87.000
Tiket Ferry LBK-SBY Rp.87.000
Ojek Tanjung Perak stasiun Rp. 18.000
Tiket Kereta Surabaya - Cirebon Rp.104.000

Aku sempet bikin Vlog ketika di Ferry, Check it out ya guys!


2 komentar:

  1. such a great experience! jadi makin termotivasi kesana via darat. kayanya lebih menikmati perjalann juga liat sana sini kalo naik bus dan kapal :)
    tapi untuk homestay/hostel disana mudah tidak mas kalo datang dadakan seperti itu? dan saya dengar disana belum banyak transortasi umum, apa benar?
    boleh share juga ga cerita pas disananya gimana?
    dan berapa lama disana?
    kalau dijumlahkan rincian biaya keseluruhan kira kira berapa? dan aman ga kalo cewe sendirian?
    maaf banyak questions.
    karena ada niatan mau kesana solo backpack dalam waktu dekat ini via darat hehehe..

    thanks :)

    BalasHapus

Jangan ragu untuk menuliskan komentar anada disini! I will reply asab