Review Xiaomi Redmi Note versi Indonesia

Sepertinya merupakan sebuah keberuntungan saya berhasil mendapatkan sabuah Redmi Note pada flash sale perdananya yang digelar situs E-Comerce terbesar indonesia Lazada.co.id pada tanggal 13 November 2014 lalu.
Tanggal 14 November malam, barang sudah ada ditangan saya, dan saya memulai untuk hands on hh ini. Berikut review singkat dari saya, semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari pilihan untuk gadget murah berfitur wah.

Dapur Pacu (CPU, RAM, ROM)

Dengan CPU OctaCore MTK6592 1.7Ghz yang dimilikinya, Xiaomi Redmi Note terasa sangat smooth dan lancar, saya bukan seorang gamers, tapi dari performa hh ini selama ditangan saya, terasa begitu cepat dan handal, sebagai contoh ketika saya ingin membuka satu aplikasi ke aplikasi lainnya, tidak ada loading sama sekali. Begitu juga jika saya ingin masuk file exploler atau galeri, semua gambar resolusi besar atau kecil langsung tampil kurang dari 3 detik, tidak ada zaman menunggu loading thumbnail foto. begitu juga pergeseran antar foto, semuanya terasa ringan, mungkin karena hh ini dilengkapi dengan RAM kapasitas 2GB.
Untuk ROM, di dus book tertera 8GB, namun yang bisa digunakan hanya sekitar 5.25GB saja, karena sisanya sudah digunakan untuk system MIUI  ver 5  (android jelly bean) yang ditanamkan dari factory.  Kebetulan saya belum membeli micro SD untuk penyimpanan externalnya, karena saya rasa untuk kapasitas 5GB sudah cukup untuk penyimpanan document dan foto, karena saya tidak begitu suka mendengarkan lagu dari handphone. Untuk transfer file, sangat lancar jika kita lakukan di komputer dengan OS Windows 7 keatas, untuk windows XP versi lama, transfer file agak sedikit sulit, karena MIUI tidak bisa teraplikasi ke windows XP (pengalaman pribadi), jadi kita harus install miphone manager (semacam PC suite) untuk file transfer. Namun sayang, miphone yang tersedia dari factory menggunakan bahasa dewa (bahasa china) :p




Batrei

Redmi Note dibekali batre berkapasitas 3.200MAh, menurut saya sudah cukup untuk menemani aktifitas seharian full, untuk pemakaian wajar, seperti chatting, browsing, camera dsb, tidak termasuk game. Dalam penggunaan jaringan 3G dan aktif dua kartu GSM dapat bertahan sekitar 15 jam. Overall menurut saya batre tidak mengecewakan, tidak panas seperti seri adiknya Redmi  1s. karena saya sudah pernah beberapa minggu hands on redmi 1s.
Berikut review batre dari saya, aplikasi yang aktif ada facebook, bbm, instagram, path, whatsapp, google aplication dan mi account.



Body, Layar dan Design
Dibekali layar 5.5’’, redmi note terasa bongsor dan mantap digenggam. Sejauh ini saya masih bisa menggunakan satu tangan untuk mengetik. Warna dan tampilan yang dihasilkan layar redmi note sudah cukup bagus. Namun dalam keadaan yang terang (outdor), saya masih perlu konsentrasi untuk membaca tampilan di layar. Mungkin karena pengaturan contras otomatis yang saya non aktifkan untuk menghemat batrei.
Body redmi note, bisa saya katakan ‘kokoh’ dibanding seri bungsunya Redmi 1S. walaupun terbuat dari material plastik, namun casing belakang mantap dan tidak licin. Beratnya juga saya rasa sudah pas, tidak terlalu berat dan tidak pula terlalu ringan, sehingga redmi note terasa kencang ketika digenggam.
Mendengar dari akun official Mi Indonesia di facebook, hh ini sudah menggunakan pelindung layar Gorilla Glass 3, sehingga tahan terhadap goresan dan minyak.

Camera
Tidak bisa dipungkiri, camera termasuk fitur utama untuk pertimbangan beberapa pemburu gadget untuk membeli gadget yang diincarnya. Redmi Note sendiri telah dibekali kamera beresolusi 13MP dan 5MP untuk kamera depannya.
Lensa yang digunakan oleh Redmi Note ini menggunakan wide angle 28mm sehingga bisa menangkap objek lebih luas. Dan dilengkapi dengan temperature f2.2 sehingga bisa mebuat objek lebih focus dan latar belakang buram hanya dengan sentuhan jari (touch focus)
Camera depan juga saya rasa sudah cukup puas untuk sekedar iseng-iseng selfie dalam kondisi pencahayaan cukup. Resolusi yang dihasilkannya juga sudah besar, yaitu 5MP, sehingga, tidak pecah ketika di Zoom. Untuk obyek foto minim pencahayaan, saya rasa merupakan kelemahan redmi note, karena kamera depan tidak memiliki lampu flash.
Berikut beberapa hasil jepretan kamera redmi note saya :

outdor, cuaca mendung, no flash
 outdor, senja hari, no flash
indoor, minim cahaya, flash
mode focus, sore hari , no flash
kamera depan, indoor, pencahayaan cukup
  

demikian review redmi note yang dapat saya share untuk saat ini, semoga bisa bermanfaat dan dijadikan pertimbangan untuk membeli gadger yang sesuai dengan harapan dan kantong kita. nelzonerz.blogspot.com

4 komentar:

  1. Gan krtu wcdma nya pake apa ya? Sy coba pake smartfreen g konek..ga ada jaringan signalnya. Saranya dong. Trims

    BalasHapus
  2. @Agus Maryanto :
    kalo aku, slot WCDMA aku isi kartu GSM Simpati dari Telkomsel.
    maksud WCDMA disini bukan sim card CDMA, tapi WCDMA disini adalah kartu GSM yang dapat berjalan di jaringan 3G, jadi saya sarankan, paket data agan, menggunakan sim 1

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. wah gan makasih banyak reviewnya, membantu banget :)
    Anyway setelah 6 bulan pemakaian gimana gan? apa ada masalah berarti?
    thanks before ya

    BalasHapus

Jangan ragu untuk menuliskan komentar anada disini! I will reply asab