Butuh Koneksi Internet yang Gak Ribet ?

Pernahkan kalian berada pada kondisi sangat membutuhkan koneksi internet di Laptop/PC di daerah tanpa WiFi ? Mana modem ketinggalan lagi ???

Tenang, smartphone android yang kita bawa, bisa menolong kok, asalkan paket data kita masih aktiv dan masih ada sisa quotanya. Jangan lupa ya, android versi yang kita gunakan setara ice cream sandwich (ICS) 4.0.0 keatas.

Ada 2 metode mudah yang selalu saya gunakan untuk menjadikan android kita sebagai modem, tanpa download software apapun, semuanya langsung dari pengaturan di hape kita.


A. Menjadikan handphone sebagai Sumber Hot Spot (WiFi)


Cara ini memang sangat mudah, ketika kita butuk koneksi internet di Laptop, yang sudah terpasang Wifi. berikut penampakan pengaturannya



1. Buka menu Setting , klik Selengkapnya
2. Buka menu menambatkan & hot spot portable
3. Centang Hot Spot Wi-Fi portable
4. Pengaturan pengamanan, dalam menu ini, kita diminta untuk mengatur nama HOT Spot dan kata sandi untuk masuk ke perangkat lain (laptop). Jadi ketika laptop kita ingin konek, harus memasukkan password yang sama dengan setting di menu nomor 4 ini.
5. Indikasi bahwa HOT Spot kita siap di gunakan perangkat lain


2. Melalui Penambatan USB

Kalau kalian pas kebetulan bawa kabel USB (Kabel data) , saran saya sih mending pakai cara yang kedua ini, karena selain kita menggunakan internetnya, kita bisa sembari men-Charge hape kita, agar tidak low batt.



1   1. Hubungkan Android dengan Laptop kita, akan muncul menu awal seperti gambar, abaikan saja, jangan klik Hidupkan penyimpanan USB , karena kalau kita menghidupkan penyimpanan, maka fungsi penambatan usb tidak bisa.
2    2. Go to Setting – Selengkapnya
3    3.  Klik menambatkan & hotspot portable
4   4. Centang penambatan USB, tunggu beberapa saat hingga icon connection di sudut kanan taskbar benjadi seperti ini

(Note : Saya baru coba penambatan USB ini untuk windows 7 , belum di uji pada Windows XP / Linux/Windows 8 )



Semoga artikel ini membantu ya, selamat beraktifitas Cybers :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan ragu untuk menuliskan komentar anada disini! I will reply asab